Cara Merawat Kucing

Posted on

Apakah kamu baru pertama kali merawat kucing? Atau baru saja mengadopsi kucing? Sebenarnya ini merupakan tantangan tersendiri, soalnya susah-susah gampang, tapi menyenangkan loh

Jika kamu ingin memelihara kucing, maka harus tahu panduannya. Berikut ini cara merawat kucing secara umum.

  1. Makanan dan minuman

Sama halnya seperti kita, makan dan minum merupakan kebutuhan utama kucing. Berikan makanan yang baik. Kucing memang bukan tipe pilih-pilih makanan, apalagi yang berbau ikan. Tapi kita lah yang harus selektif memberi makan.

Jika diperlukan, beli makanan kucing yang bermerk dan berkualitas, banyak yang murah juga kok.

  • Kucing membutuhkan taurin, asamn amino esensial, untuk kesehatan jantung dan mata. Makanan yang dipilih harus seimbang untuk perkembangan hidup sang kucing.
  • Sediakan air bersih yang segar setiap saat, lalu jangan lupa mencuci serta mengisi ulang mangkuk air kucing kamu setiap hari ya.
  • Ada beberapa orang yang memberi makanan bayi kepada kucing atau anak kucing yang susah makan. Harap baca label makanan tersebut : Jika makanan bayi mengandung bawang putih, bisa menyebabkan keracunan pada kucing
  • Bawa kucing peliharaan kamu ke dokter hewan jika terjadi tanda-tanda diare, muntah, atau lemas terus menerus selama lebih dari dua hari.

  1. Grooming / Menyisir

Kebanyakan kucing relative bersih dan jarang mandi, tetapi kamu harus rajin menyikat atau menyisir bulu kucing secara teratur.

Sering menyikat membantu menjaga bulu kucing tetap bersih, mengurangi jumlah kerontokan dan mengurangi kemungkinan hairball pada kucing.

  1. Penanganan

Untuk memegang kucing, letakkan satu tangan di belakang kaki depan dan tangan lainnya dibawah kaki belakang. Angkat perlahan. Jangan pernah mengangkat kucing dengan tengkuk atau dengan kaki depan ya. Itu bisa menyakiti si kucing.

  1. Rumah kucing / tempat tidur

Kucing peliharaan kamu sudah pasti harus memiliki tempat tidur untuk beristirahat. Pastikan tempat tidur tersebut kering dan bersih di salah satu sudut rumah kamu.

Lapisi tempat tidur kucing dengan selimut atau handuk yang lembut dan hangat. Jangan lupa untuk sering mencuci tempat tidurnya ya.

  1. Tanda pengenal

Jika kucing kamu dibolehkan untuk keluar rumah, jangan lupa untuk mengenakan kalung atau tanda pengenal. Sehingga orang lain (sebagian yang paham) mengetahui bahwa kucing tersebut sudah ada yang merawat dan ada yang memiliki. Jangan sampai diambil orang lain.

  1. Litter Box / Kotak Pasir Tempat Buang Air

Kucing rumahan membutuhkan kotak pasir untuk mereka buang air. Letakan di lokasi yang tenang dan mudah diakses oleh si kucing. Jika kamu punya 2 atau lebih kucing, pisahkan kotak pasirnya ya.

Perlu diingat bahwa kucing tidak akan mau pup di kotak pasir yang berantakan dan bau, jadi bersihkan terus setiap hari. Buang pasirnya, cuci kotak pasir dengan deterjen dan isi ulang seminggu sekali.

  1. Menggaruk Kuku

Kamu pasti sering melihat kucing menggaruk-garukan kukunya. Ya karena memang kucing harus menggaruk!

Saat kucing menggaruk, bagian luar kuku yang lama ditarik, cakar yang tajam dan halus di bawahnya terbuka.

Memotong kuku kucing kamu setiap dua hingga tiga minggu sekali akan membuatnya relative tumpul dan kecil kemungkinan membahayakan lengan manusia dan furnitur.

Beri kucing kamu tempat menggaruk (scratching post/pad) yang kokoh.

  1. Kesehatan

Kucing kamu harus selalu dibawa ke dokter hewan setidaknya setahun sekali untuk pemeriksaan dan suntikan tahunan. Segera bawa ke dokter jika kucing kamu sakit atau ada luka serius.

  1. Sterilisasi

Kucing betina dan kucing jantan harus disterilisasi pada usia 5 bulan (Jika tidak ingin kucing kamu hamil)

  1. Vaksinasi

Dokter hewan akan membuat rekomendasi vaksin berdasarkan usia dan kesehatan kucing kamu.

  1. Daftar kebutuhan kucing

  • Makanan kucing premium
  • Tempat makan
  • Mangkuk air
  • Mainan interaktif
  • Sikat
  • Sisir
  • Kalung
  • Tempat menggaruk / scratching post/pad
  • Litter box / kotak pasir
  • Cat Carrier / kotak kucing
  • Tempat tidur dengan selimut atau handuk hangat

Follow dan like kami di :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *